Google Adwords
Beriklan di Google AdWords
August 21, 2015
Facebook-Ads
Facebook Dynamic Ads
October 3, 2015

Media Marketing Paling Ampuh

Digital Media Marketing

Indonesia sebagai pengguna Facebook terbesar keempat di dunia memang menjadi sebuah ladang subur untuk bagi para marketer. Tercatat pada tahun 2014 pengguna aktif Facebook ada sekitar 69 juta jiwa. Angka tersebut cenderung terus bertambah dari tahun ke tahun. Penelitian yang dilakukan oleh eMarketer menyebutkan bahwa pengguna Facebook di Indonesia umumnya berusia dibawah 30 tahun dan mereka juga terbilang aktif di media sosial lainnya selain Facebook. Pengguna Facebook di Indonesia rata-rata menghabiskan waktu sekitar sembilan jam perhari. Dan tahukah Anda bahwa kebanyakan dari pengguna tersebut menggunakan perangkat mobile (smartphone, tablet, phablet) dalam mengakses Facebook. Dan di sini akan dibahas mengenai kenapa Facebook bisa menjadi sebuah tool yang sangat powerfull sebagai media marketing.

Facebook Social Media Marketing Paling Ampuh

1.    Berbagai jenis akun bisa dibuat
Melalui media sosial Facebook Anda bisa membuat berbagai macam akun yang sesuai dengan karakter bisnis atau produk yang akan dipasarkan. Jenis skun yang bisa dibuat sesuai dengan peruntukannya adalah:

  • Tempat atau Bisnis Lokal
  • Perusahaan, Organisasi atau Institusi
  • Merek atau Produk
  • Artis, Grup, Musik atau Tokoh Masyarakat
  • Hiburan
  • Perjuangan atau Komunitas

Total ada 6 macam jenis akun yang bisa dibuat menggunakan Facebook (disamping akun pribadi tentunya). Sampai sekarang ini belum ada satu pun sosial media di dunia yang menawarkan keleluasaan seperti yang Facebook tawarkan. Bahkan Twitter sebagai sosial media terbesar kedua tidak memiliki fitur ini. Twitter hanya menawarkan satu jenis akun (yang gratis) yaitu akun pribadi, terlepas penggunaannya untuk pribadi atau bisnis. Semua akun diperlakukan sama.

2.    Tingkat penetrasi yang luas
Dominasi Facebook di Indonesia begitu besar dan massive, tidak memandang jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama, orientasi seksual dan sebagainnya. Dan hampir setiap orang yang penulis temui memiliki akun Facebook. Terlepas mereka adalah pengguna sosial media lainnya, tetapi mereka pasti selalu memiliki akun Facebook. Tingkat pengguna yang sangat besar ini menjadi sebuah tambang emas yang perlu diolah secara maksimal. Metode pengolahannya tentu saja menggunakan strategi sosial media marketing yang tepat pula.

3.    Memiliki fitur penjadwalan otomatis
Fitur ini salah satu fitur yang sangat berguna bagi para pemilik halaman Facebook. Fitur penjadwalan otomatis jika digunakan secara benar bisa membuat waktu menjadi semakin efisien. Pengguna tinggal memuat konten yang akan dibagikan lalu menetapkan jadwal terbit konten tersebut. Pemilihan jadwal terbit juga tak kalah penting dalam suksesnya sebuah konten. Jangan asal main publish di setiap status/konten. Pilih waktu yang tepat dan bisa memancing banyak pembaca. Pengguna Facebook cenderung semakin aktif pada jam satu siang sampai jam 6 sore.

4.    Memiliki matrik pengukuran yang lengkap
Facebook memiliki sebuah sistem pengukuran/metrik yang dapat digunakan oleh para pemilik halaman untuk mengetahui kefektifan sebuah konten, jumlah like dan share yang terjadi, jangkauan kiriman, interaksi pengunjung dan lain-lain. Tidak semua sosial media memiliki metrik selengkap Facebook. Meski metrik pengukuran ini tidak selengkap Google Analytic, namun sudah bisa memberikan data-data yang akurat tentang perilaku para pengikut halaman. Tool-tool ini sangat penting untuk melihat apakah konten yang dibagikan sukses mendapat perhatian para pengikut, mendapat cukup jumlah klik, berapa kali di share ulang dan sebagainya. Admin halaman tersebut juga bisa memperbaiki, menganalisa, menyunting dan merubah strategi marketing agar bisa semakin menarik lebih banyak pembaca dan calon pembeli.

5.    Memiliki sistem advertising sendiri
Tidak ada satu pun yang akan menampik bila ada sebuah kalimat mengatakan “Pesaing Google AdWords adalah Facebook Ads”. Konsep pemasangan iklan Facebook memang terkenal sangat akurat. Facebook bisa melacak segala aktifitas yang dilakukan oleh pengguna situs dan memunculkan iklan-iklan yang dirasa relefan. Metode ini hampir sama seperti Google lakukan yang menggunakan data cookies dan menampilkan iklan dalam bentuk CPC (Cost Per Click) yang sesuai minat pengguna.

Sama seperti AdWords, memasang iklan di Facebook juga susah-susah gampang. Anda harus menentukan target market yang benar, jenis iklan yang sesuai (CPC atau CPM) dan menentukan berapa budget yang paling pas. Bila Anda masih ragu mengenai beriklan di Facebook, maka menggunakan jasa digital marketer adalah pilihannya.Biasanya setiap digital marketer memiliki target dan teknik sendiri dalam sosial media marketing. Berbekal teknik yang sudah teruji tersebut mereka bisa membuat kampanye iklan menjadi efektif dan tidak membuang-buang uang, dengan begitu keuntungan juga makin cepat didapatkan. Jika Anda adalah pemula dalam sosial media marketing maka penulis sarankan untuk segera menggunakan Facebook terlebih dahulu dari pada menggunakan sosial media lainnya. Fokuslah pada Facebook untuk menjaring audience, setelah hal itu tercapai maka barulah menggunakan sosial media lainnya seperti Twitter, Google Plus atau Instagram.