Instagram Trade Center
Cara Menggunakan Instagram
June 17, 2015
Digital Media Marketing
Media Marketing Paling Ampuh
August 21, 2015

Beriklan di Google AdWords

Google Adwords

Sebuah produk yang sukses adalah produk yang dikenal banyak orang. Semakin banyak orang mengenal produk tersebut maka akan semakin bagus. Wajar saja, karena dengan begitu konversi penjualan akan semakin meningkat. Hal tersebut dikenal dengan istilah “brand awarness”. Bagaimana agar sebuah produk dikenal banyak orang dan memiliki brand awarness yang kuat? Mudah sekali, jawabannya tentu saja dengan ”Beriklan”. Suksesnya sebuah produk atau bisnis sangat dipengaruhi oleh iklan. Apalagi jika produk yang dijual tergolong baru di masyarakat, maka iklan adalah salah satu jalan untuk memperkenalkan produk tersebut. Begitu masyarakat kenal dengan produk tersebut, diharapkan mereka akan membelinya. Dengan iklan yang tepat sasaran akan semakin mudah menjaring calon konsumen potensial. Kesimpulannya, iklan adalah alat yang paling tepat dalam memperkenalkan produk dan mendongkrak penjualan.

Ada banyak sekali jenis-jenis iklan yang bisa digunakan, yaitu: Selebaran, iklan di surat kabar, baliho, banner, poster, product endorsement, iklan TV dan masih banyak lagi. Setiap metode iklan mempunyai kelemahan dan kelebihan masing-masing. Yang perlu diperhatikan adalah : Metode beriklan apa yang paling cocok dan tepat sasaran saat ini? Jawabannya adalah Google AdWords. Beriklan melalui Google AdWords adalah pilihan yang paling tepat untuk era teknologi saat ini karena cara beriklan ini sangat efektif untuk bisnis skala besar maupun kecil.

Menurut Wikipedia pengertian Google AdWords adalah :

“Sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari”

Kelebihan beriklan dengan Google AdWords
Setiap metode iklan pasti memiliki kelemahan dan kelebihan begitu juga dengan AdWords. Meski demikian AdWords dinilai memiliki lebih banyak faktor kelebihan dibandingkan kelemahannya. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya para pemilik bisnis baik yang skalanya besar seperti Lazada, Zalora, Alevenia, Tokopedia dan lain-lain juga menggunakan metode iklan ini.

Berikut beberapa kelebihan beriklan di Google AdWords :

  1. Biaya yang terjangkau (murah)
    Google Adwords mempunyai fitur dimana pengiklan bisa menentukan budget beriklan secara manual. Seperti memilih kata kunci yang mempunyai tingkat persaingan yang rendah sehingga harga iklan juga lebih murah. Bahkan tidak ada jumlah minimum yang harus dikeluarkan oleh pengiklan, semua ada dalam kendali pengiklan.
  2. Bisa disunting kapan saja
    Jika sebuah iklan dirasa kurang efektif dan tidak tepat sasaran, maka dia bisa mengedit materi iklan, mengganti kata kunci, mengganti bentuk iklan (gambar atau tulisan) tersebut kapan saja. Semua ada pada kendali pengiklan.
  3. Bisa memilih metode iklan yang terbaik

Cara beriklan pada Google Adwords terbagi dalam 3 macam yaitu :

  • CPC (cost-per-click) adalah setiap pengiklan harus membayar setiap klik yang terjadi pada iklannya. Nilai klik bisa berbeda-beda tergantung dari tingkat persaingan kata kunci yang digunakan. Metode ini yang paling tepat jika ingin mendatangkan banyak traffic ke website.
  • CPM (cost-per-impressions) adalah setiap pengiklan harus membayar berdasar jumlah impressions iklan (berapa kali tayang). Metode ini yang paling tepat jika ingin meningkatkan brand awarness suatu bisnis atau produk.
  • CPA (cost-per-acquisition) adalah setiap pengiklan harus membayar jika ada aktifitas yang terjadi setelah pengunjung melakukan klik iklan (misalkan pembelian, pendaftaran dll). Metode ini yang paling tepat jika tertarik pada jumlah subcribers atau jumlah pembelian.

Kelemahan Beriklan di Google Adwords

Salah satau kelemahan terbesar dalam beriklan dengan Google AdWords adalah susahnya menarik konsumen potensial. Sebenarnya hal ini bukan salah Google AdWords itu sendiri tapi lebih seringnya karena kesalahan pengiklan. Kenapa bisa seperti itu?

Jawabannya adalah karena setiap melakukan kampanye dalam AdWords pengiklan harus memilih kata kunci yang dipilih untuk iklannya. Faktor inilah yang menjadi halangan terbesar dalam beriklan di Google AdWords. Pemilihan kata kunci tidak boleh dilakukan sembarangan dan asal tebak. Jika hal ini dilakukan maka iklan dipastikan akan lemah dan tidak menguntungkan. Alih-alih ingin mendapat untung berlipat tapi malah membuang-buang uang dan waktu. Hal yang seperti ini harus dihindari.

Para digital marketer tahu betul akan hal ini. Mereka bisa membuat iklan agar sukses dan atraktif hanya dalam waktu singkat. Sebelum memasang iklan di AdWords biasanya para digital marketer akan menganalisa pasar dengan baik, memperhatikan para kompetitor dan melakukan riset pasar. Setelah semua data-data terkumpul barulah mereka akan menentukan kata kunci yang paling tepat agar iklan AdWords efektif. Melakukan research dengan berbagai tools.

Setelah kampanye iklan berjalan, mereka tidak berhenti disitu saja. Para digital marketer akan memantau perkembangan iklan tersebut. Apakah waktu beriklan sudah tepat, apakah pengunaan gambar lebih efektif dibanding dengan text, apakah budget beriklan masih mencukupi dan sebagainya. Meski beriklan di Google AdWords bisa mendongkrak bisnis dan melejitkan angka penjualan, namun untuk bisa seperti itu diperlukan pengetahuan dan keahlian dalam memasang iklan pada Google Adwords. Mengetahui dasar-dasar iklan Google PPC AdWords saja tidaklah cukup. Bagi pemula sering terjadi proses jatuh bangun untuk mendapatkan hasil iklan berhasil sesuai yang diharapkan.

Memang membuat kampanye iklan di AdWords bisa dibilang susah-susah gampang. Butuh pengetahuan yang cukup mendalam agar iklan bisa efektif dan dapat bersaing dengan kompetitor. Jika Anda adalah pemula dalam AdWords, memiliki dana pas-pasan dan punya banyak waktu untuk belajar maka silahkan memulai kampanye iklan sendiri. Belajar dari nol adalah hal yang baik. Namun jika Anda ingin produk dan bisnis cepat dikenal, mendapatkan profit secepat mungkin dan mempunyai cukup modal maka tidak ada salahnya menggunakan jasa digital marketer profesional dalam beriklan di Google AdWords. Anggap saja menyewa seorang internet marketer profesional adalah sebuah investasi dengan keungtungan berlipat ganda.